IKAN ASIN HADIR PADA PAMERAN KALBAR EXPO 2019

Wali Kota Pontianak dan Bupati Kubu Raya melakukan kunjungan ke stand yang didampingi oleh Kasi Kelembagaan Hermiwati,,S.Pi

Dinas Perikanan melalui Bidang Kelembagaan dan TPI ikut berpartisipasi dalam Kalbar Expo tahun 2019 di Pontianak Comprention Center (PCC). Kegiatan yang dilansungkan selama 5 hari sejak tanggal 11 – 15 September 2019 dilaksanakan oleh DPD REI (DEwan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia) dan PT. Aaliyah Cipta Pradana.  peserta yang mengikuti kegiatan dari berbagai instansi dan juga pihak swasta yang menawarkan investasi. Dari investasi proverty hingga investasi bidang perikanan.

Kabupaten Kapuas Hulu mengikut sertakan salah satunya Dinas Perikanan yang dikoordininir oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kapuas Hulu. Pameran tersebut tidak melakukan aktivitas penjualan produk seperti pameran biasanya. Akan tetapi diutamakan pada penawaran investasi kepada investor. Dalam hal ini Dinas Perikanan menawarkan produk berupa Ikan Asin, Ikan Asap, Kerupuk Kering dan Kerupuk Basah. Misalnya Ikan Asin, mengunakan ikan lais, toman dan biawan.

Foto bersama Wali Kota Pontianak dan Bupati Kuburaya di stand Kapuas Hulu

Pada kesempatan tersebut Dinas Perikanan berkesempatan bertemu dengan investor yang menanyakan produk ikan asin. Ada rasa yang khas dari ikan asin Kapuas Hulu karena rasanya yang enak, gurih dan tidak terlalu asin. Seperti yang disampaikan oleh Kasi Kelembagaan Hermiwati,S.Pi yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut ikan asin Kapuas Hulu bebas pengawet.  Selain  rasanya yang enak juga dijamin bebas dari bahan seperti formalin. Pengolah mengelola ikan asin tersebut hanya direndam dengan garam dan dijemur hingga kering. Untuk lebih awetnya nelayan harus memastikan ikan tersebut kering.  

Namun saat ini masih dala kendala untuk menginventarisisir produk ikan asin yang di produksi dan dipasarkan oleh pengolah. Ada yang langsung menjual ikan asin di tempat da nada juga yang menjual ke luar Kabupaten. Sehingga pekerjaan rumah bagi Dinas Perikanan untuk mendata potensi ikan asin. Hal ini memudahkan investor dalam melakukan investasi di Kapuas Hulu.