PELATIHAN DISVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN PERIKANAN DI KECAMATAN SELIMBAU

Dinas Perikanan melalui program Penguatan Daya Saing melakukan kegiatan pelatihan disversifikasi produk olahan ikan di Desa Dalam Kecamatan Selimbau, 2 – 3 Oktober 2019. Kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Dalam diikuti oleh 20 orang peserta terdiri dari dua Desa yakni Desa Dalam dan Desa Gudang Hilir Kecamatan Selimbau, Kapuas Hulu. Para peserta yang terdiri dari pelaku usaha perikanan khususnya pengolah hasil perikanan dilatih untuk membuat produk antara lain Abon Ikan,  Nugget dan Spring Roll.

Foto bersama peserta dan Narasumber setelah pembukaan pelatihan

Tentunya ini bukan produk baru, namun baru mulai dikembangkan di Kabupaten Kapuas Hulu. Pemilihan tiga produk tersebut bertujuan untuk menganekaragam jenis olahan ikan . karena selama ini di Kabupaten Kapuas Hulu dikenal dengan produk unggulan seperti kerupuk basah, kerupuk kering, ikan asin maupun ikan asap (salai). Sehigga ada variasi produk yang bisa masuk ke pasar tradisional maupun mini market.

Dalam pelatihan kali ini jenis ikan yang digunakan adalah daging ikan toman sebagai bahan baku utama. Hal ini disebabkan karena stok ikan toman di Kapuas Hulu selalu tersedia. Selain itu kualitas daging ikan Toman lebih baik dibandingkan jenis ikan yang lain. Misalkan untuk membuat abon, serat ikan toman lebih bagus dan rasas.nya lebih manis dan segar.

Pembagian sertifikat kepada para peserta pelatihan

Seperti yang disampaikan oleh Hermiwati,S.Pi Kepala Seksi Kelembagaan dengan adanya pelatihan membuat keanekaragaman olahan yang berbahan dasar ikan bisa dijadikan produk lain. Sehigga dengan adanya produk diversfikasi tersebut bisa menarik minat anak – anak maupun orang dewasa untuk mengkonsumsinya setiap hari sebagai cemilan atau sebagai lauk pendamping nasi. Diharapkan juga peserta yang sudah dilatih bisa menjadi terampil. Selain itu produk yang sudah dilatih tersebut juga diharapkan bisa di produksi secara terus menerus. Sehinga bisa menambah pendapatan pelaku perikanan khsusnya para pengolah.