POKMASWAS NANGA MANDAY MENDAPATKAN BANTUAN DARI TIM GABUNGAN POLRES KAPUAS HULU DAN DINAS PERIKANAN DI HARI PENGUKUHAN KELOMPOK

Tim gabungan Polres Kapuas Hulu, Dinas Perikanan dan PSDKP melaksanakan kegiatan quick wins bertema Dalam Upaya Mengantisipasi Paham Radikalisme dan Anti Pancasila Guna MewujudkanIndonesia Damai di Tengah kemajemukan serta dalam rangkaTegaknya NKRI Dengan rangka Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan tersebut diselingi dengan Kegiatan Pengukuhan dan Pembinaan Pokmaswas Perikanan Desa Nanga Manday di desa Nanga Manday Kecamatan Bika 2 September 2020. Kegiatan Quick Wins, Pengukuhan dan Pembinaan Pokmaswas yang diselenggarakan oleh Polres Kapuas Hulu dalam hal ini Satuan Polisi Perairan ini bekerjasama sama dengan Dinas Perikanan Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Nelayan Kecil dan PSDKP Wilker Badau guna melakukan sosialisasi tentang arti penting keterlibatan ke Kelompok Masyarakat  Pengawas (POKMASWAS) dalam pengelolaan Potensi Perikanan di wilayah Desa nanga Manday Kecamatan Bika.

Kegiatan yang diikuti oleh Pokmaswas Desa Nanga Manday tersebut dilakukan dengan penyerahan bantuan berupa sembako dan alat keselamatan di air berupa pelampung dari Kepolisian Resort Kapuas Hulu Cq. Satuan Kepolisian Air dan Udara yang penyerahannya dilakukan oleh tim gabungan.

Sembako dan Pelampung akan diserhakan ke kelompok POKMASWA Desa Nanga Manday

Pada kegiatan tersebut juga dikukuhkan pengurus Pokmaswas Desa nanga manday yang dibentuk berdasarkan SK Kepala Desa Nanga Manday Nomor 06 Tahun 2020 Tanggal 31 Agustus 2020. sebagai Pembinaan terhadap Pokmaswas disampaikan materi mengenai tugas pokok dan fungsi POKMASWAS dan Mekanisme penyampaian laporan ke Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu selaku Pembina Pokmaswas di Tingkat kabupaten/kota oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu dan PSDKP Wilker Badau. Pada kesempata itu juga diadakan sesi tanya jawab antara anggota Pokmaswas ke Dinas Perikanan dan PSDKP dengan Pokmaswas berkenaan dengan materi yang disampaikan.

Penyerahan bantuan oleh Kepala Seksi Perlindungan Nelayan Kecil Yulianus Surirondiny, SE,MM ke Kelompok POMASWAS

Dinas Perikanan dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Perlindungan Nelayan Kecil Yulianus Surirondiny, SE,MM dalam penyampaian materinya menyampaikan bahwa Pokmaswas memiliki peran yang sangat penting guna menjaga kelestarian Sumber daya Ikan (SDI). Sebagaimana dimanatkan dalam Kepmen KP Nomor : Kep 58/Men/2001, Pokmawas memiliki tugas dan fungsi  mengawasi pengelolaan Perairan daratan yang ada di Desa nanga Manday beserta SDI yang terkandung didalamnya dan melaporkan ke Aparat penegak Hukum Seperti PPNS dan kepolisian apabila ditemukan adanya pelanggaran dalam pengelolaannya.  Keberadaan Pokmaswas sangat Penting untuk melindungi Perairan Desa Nanga Mnaday Karena Desa Nanga Manday merupakan salah satu pemasok ikan air tawar terbesar untuk kota Putussibau.

Posisi geografis Desa Nanga manday yang sangat strategis karena terletak di Kuala/ Nanga sungai manday yg menginduk ke sungai Kapuas merupakan lokasi berkumpulnya ikan ikan berniali ekonomis penting karena banyaknya lubuk-lubuk yang merupakan tempat ikan bersarang/berkumpul. Selain itu Desa Nanga Manday selalu dilewati oleh pelaku ilegal fishing (pemyetrum) ketika mereka melakukan aktifitas penyetruman. Pelaku penyentruman yang berasal dari daerah yang lain melakukan penyetruman di luar perairan Nanga Manday. Sehingga peran Pokmaswas sangat penting sebagai pelindungan perairan ditingkat Botton Up. desa Nanga manday, selain itu Desa Nanga manday juga memiliki danau lindung adat yaitu danau Palau yg dikelola berdasarkan kearifan lokal.

Masyarakat Nanga Manday  selama ini sangat aktif dalam melakukan pengawasan sehingga perairan Desa Nanga Mandau relatif aman karena nelayan secara kontinyu dan tertata melakukan aktifitas penangkapan ikan di DAS Kapuas khusus nya yg masuk di wilayah perairannya. Diharapkan dengan adanya Pokmaswas perikanan ini Pengawasan Perairan di Desa nanga Manday menjadi lebih bersemangat, terorganisir dan efektif sehingga Potensi Perikana dapat dikelola secara maksimal berazas kelestarian Sumber daya Ikan demi kesejahteraan Masyarakat Khususnya Nelayan Desa Nanga manday.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

0 replies on “POKMASWAS NANGA MANDAY MENDAPATKAN BANTUAN DARI TIM GABUNGAN POLRES KAPUAS HULU DAN DINAS PERIKANAN DI HARI PENGUKUHAN KELOMPOK”

On Key

Related Posts

Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021