KADIS PERIKANAN PANEN PERDANA IKAN LELE DUA KELOMPOK DI DESA NANGA KALIS

Kepala Dinas Perikanan Roni Januardi,S.Sos.,M.Si didampingi Kepala Bidang Perikanan Budidaya Sualiman S.PKP.,MM melakukan panen ikan perdana ikan lele Jum’at (26/2/2021) di Desa Nanga Kalis. Terdapat dua kelompok yang melakukan panen tersebut yakni kelompok Usaha Bersama dan Ulam Joyo Desa Nanga Kalis. Kurang  lebih  sebanyak 1.400 kg ikan lele dipanen secara serentak yang diikuti juga Camat Kalis, Polsek, Koramil dan juga Kepala Desa Nanga Kalis.

Ditemui dilokasi pemanenan, Kepala Bidang Perikanan Budidaya Sualiman, S.PKP.,MM menjelaskan bahwa bantuan ikan lele tersebut merupakan program dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Swakelola tahun 2020 yang diserahkan ke dua kelompok yakni kelompok Usaha Bersama dan Ulam Joyo Desa Nanga Kalis Kecamatan Kalis. Dengan mengunakan sistem budidaya kolam terpal sebanyak 15.000 ekor yang ditebar, tingkat keberhasil mencapai 88 persen. 10 – 12 persen ikan yang ditebar tersebut mati karena proses seleksi alam.

Budidaya ikan lele tersebut dilakukan di kolam terpal dengan ukuran 2 x 4 meter. Setiap kelompok terdapat 10 kolam sehingga total kolam sebanyak 20 kolam. Karena lokasi kelompok tersebut letaknya berdekatan maka kolam dibuat saling bersebelahan. Meskipun begitu, dalam pengelolaan dan perawatan dilakukan oleh masing-masing kelompok.

Keberhasilan dua kelompok tersebut, Sulaiman menyampaikan bisa menjadi contoh bagi kelompok yang lain. Tentunya ini tidak luput atas kerjakeras dari anggota kelompok yang melakukan perawatan secara intensif sehingga bisa sampai panen. Untuk itu melalui bidang Perikanan Budidaya terus melakukan pendampingan hingga kelompok bisa lebih mandiri dan berkelanjutan. Ikan lele yang sudah dipanenm harap Sulaiman kelompok dapat membeli lagi dengan benih ikan sehingga terus berkembang.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

0 replies on “KADIS PERIKANAN PANEN PERDANA IKAN LELE DUA KELOMPOK DI DESA NANGA KALIS”

On Key

Related Posts

Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021