Desa Labian Ira’ang Kecamatan Batang Lupar Pertama Kali Terima Bantuan Benih Ikan Dari Dinas Perikanan

Desa Labian Ira’ang Kecamatan Batang Lupar merupakan salah satu Desa yang akses ke pusat Kecamatan cukup jauh. Untuk menempuh kota Lanjak ibu Kota Kecamatan memakan waktu kurang lebih dua jam. Jalan yang berbatu dan bebukit harus dilewati hingga jembatan kayu yang hampir putus tidak bisa dilewati.

Kondisi inilah membuat Desa yang memiliki 2 Dusun yakni Dusun Bakul dan Kereng Lunsa tersebut sulit untuk membawa hasil pertanian dan perkebunan ke pusat kota. Menurut Herkulanus Beger,S.Sos Kepala Desa Labian Ira’ang jika akan menggangkut hasil pertanian harus menunggu satu mobil pribadi yang disewa untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan ke pasar.

Banyak potensi sayuran, durian, empakan, hingga buah lokal di Desa kami, tapi untuk mengangkut hasil tersebut masih susah. Kami harus menunggu hari Jum’at untuk membawa hasil pertanian tersebut untuk dijual ke pasar Lanjak. Karena pada hari jum’at nelayan yang ada di danau akan bersama-sama menjual ikan di pasar tersebut. Sehingga terkadang mereka juga melakukan barter sayuran dan ikan. Karena di Labian Ira’ang masih kesulitan mendapatkan ikan konsumsi.

Pada saat Sub Program Dinas Perikanan melakukan monitoring bantuan benih ikan yang disalurkan melalui bidang Perikanan Budidaya tahun 2020, (29/8/2021) Beger sangat berterimakasih kepada Dinas Perikanan. Dia menyampaikan bahwa ini adalah keiginan masyarakat sejak dulu. Karena kami biasa untuk makan ikan harus pergi ke pasar Lanjak. Kini sudah bisa membudidayakan sendiri di Desa. Sudah ada 5 kolam yang sudah terisi ikan Nila dan Patin dan saat ini sudah besar – besar. Untuk itu kedepan menurutnya akan diperbanyak lagi kolam-kolam masyarakat.

Karena ikan nila mudah berkembangbiak dan tahan terhadap perbuahan cuaca sepertinya cocok dibudiayakan di lokasi perbukitan tersebut. Namun menurutnya masyarakat terkendala dalam pakan, tapi berkat dukungan dari Desa sudah menyiapkan pakan tersebut di BumDes Desa Labian Ira’ang. Sehingga kelompok sudah tidak kesulitan untuk membeli pakan.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

0 replies on “Desa Labian Ira’ang Kecamatan Batang Lupar Pertama Kali Terima Bantuan Benih Ikan Dari Dinas Perikanan”

On Key

Related Posts

Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021