Dinas Perikanan Melakukan Pelatihan Budidaya dan Pakan Ikan bersama Amggota DPRD Kapuas Hulu di Desa Semitau Hulu

Dinas Perikanan melalui Bidang Perikanan Budidaya melakukan pelatihan budidaya dan pembuatan pakan ikan di Desa Semitau Hulu Kecamatan Semitau selama dua hari Jumaa’t hingga Sabtu di Aula Kecamatan Semitau (10-11/12/2021). Kegiatan tersebut merupakan kerjasama dengan salah satu anggota DPRD Kapuas Hulu Bapak Chairani B.Sc melalui dana aspirasi Dewan tahun 2021.

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari tersebut diikuti oleh kurang lebih 25 peserta yang merupakan pembudidaya ikan di Desa Semitau. Juga dihadiri oleh Camat atau yang mewakili, Kepala Desa dan perangkat Desa Semitau Hulu, Kecamatan Semitau. Hari pertama penyampaian materi dari Kepala Bidang Perikanan Budidaya Sulaiman,S.PKP.,MM mengenai kebijakan pengembangan perikanan budidaya di Kabuapten Kapaus Hulu, dilanjutkan dengan Kepala Seksi Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Abang Zulkifli,S.Pi.,M.Si, Kepala Seksi Pemberdayaan dan Perlindungan Usaha Kecil Pembudidaya Ikan Ismail Ramadhan,S.Pi, serta staf teknis di bidang tersebut.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Sulaiman,S.PKP.,MM bersama Anggota DPRD Kapaus Hulu Cahirani,B..Sc dan peserta pelatihan budidaya dan pakan ikan

Hadir juga secara langsung Chairani,B.Sc anggota DPRD Kapuas Hulu dalam sambutnya berterimakasih kepada Dinas Perikanan sudah bekerjasama. Chairani berpesan kepada kelompok untuk terus mengembangkan apa yang sudah dilatih pada saat ini. Dengan harapan kelompok yang usdah dibantu bisa eksis dan mandiri. Selain itu hasil yang dikembangkan dapat menambah penghasilan rumah tangga. Semoga tahun-tahun berikutnya dapat bekerjasma Kembali tentunnya dengan peserta dan Desa yang berbeda.

Dilanjutkan pada hari kedua praktek pembuatan pakan buatan (pelet) dalam hal ini mengundang narasumber dari PDD Polnep Kapuas Hulu Dosen Perikanan. Selama kegiatan berlangsung peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Seperti yang diharapkan dengan pelatihan tersebut dapat menjadi bekal dan tambahan ilmu dalam pengembangan usaha.  

Sebagai  salah satu program unggulan, sektor perikanan mendapat perhatian yang serius dari pemerintah agar secepatnya dapat memberikan dampak bagi percepatan ekonomi daerah. Namun demikian, bagaimanapun kuatnya semangat membangun tanpa dibarengi dengan upaya membuka diri serta mempromosikan potensi serta peluang investasi daerah, akan berakibat kepada rendahnya kinerja mesin penggerak pembangunan.

Untuk itu Sulaiman,S.Pi.,MM selaku Kepala Bidang Perikanan Budidaya dalam penyampaian materi sekaligus mewakili Dinas Perikanan berharap dengan tambahan ilmu dan pengalaman pembudidaya dapat mengambil peluang usaha bidang budidaya baik sekala mikro maupun besar (ekspor).

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

0 replies on “Dinas Perikanan Melakukan Pelatihan Budidaya dan Pakan Ikan bersama Amggota DPRD Kapuas Hulu di Desa Semitau Hulu”

On Key

Related Posts

Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021