Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Nelayan Kecil Identifikasi Calon Danau CBF di Nanga Suhaid

Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Nelayan Kecil (P2NK) Dinas Perikanan melakukan kegiatan identifikasi calon kawasan pengelolaan budidaya dengan sistem CBF (Culture Based Fisheries) di Desa Nanga Suhaid Kecamatan Suhaid (13/1/22) yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang P2NK Miftahul Jannah,S.Pi.,MM bersama dengan Sub Koordinator Pemberdayaan Nelayan Kecil, Penyuluh Perikanan dan Perangkat Desa Nanga Suhaid. CBF merupakan suatu teknologi pemacuan stok yang bertujuan untuk meningkatkan  atau memacu rekruitmen alami satu atau beberapa jenis ikan dari kelompok planktivora-herbivora.Selanjutnya rombongan berangkat menuju Danau Sebuayak yang akan menjadi calon suaka perikanan/reservaat.

Dalam kunjungannya, Miftahul Jannah didampingi staf Bidang P2NK dan aparat Desa Nanga Suhaid. Pemilihan lokasi tersebut tentunya sudah dilakukan wawancara dan pendataan awal dengan pengurus danau. Karena danau tersebut memiliki potensi sumber air dan sumber pakan alami.

Pengembangan budidaya ikan sistem CBF merupakan budidaya ikan dengan memanfaatkan danau atau waduk untuk di budidayakan ikan tertentu dengan sistem memanfaatkan sumber pakan yang ada di lokasi danau tersebut. Sebelumnya Dinas Perikanan sudah memiliki 3 lokasi CBF di Kapuas Hulu.

Hasil dari identifkasi tersebut, kelompok akan mengajukan calon danau CBF dan calon suaka perikanan/reservaat pada tahun 2022 ini dalam bentuk Perjanjian Kerjsama (PKS).

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

0 replies on “Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Nelayan Kecil Identifikasi Calon Danau CBF di Nanga Suhaid”

On Key

Related Posts

Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021