Profil :

Danau Lindung Basau Darat Nelayan

Nomor SK :

Luas Danau :

Peta Lokasi :

Deskripsi :

Secara administratif termasuk wilayah Dusun Bungkuk Desa Ujung Jambu Kecamatan Jongkong, telah ditetapkan sebagai Kawasan Danau Lindung dengan SK Bupati Kapuas Hulu Nomor 210 Tahun 2007,  berbatasan dengan Danau Basau Laut di sebelah Barat, Danau Penarik Kayan di Timur, Perkebunan Karet di sebelah Utara dan Selatan, di sekitar  danau terdapat 2 buah rumah penduduk.

Ekosistem perairannya merupakan ekosistem perairan tawar yang memiliki luas ± 150.000 m2 dengan  zona inti   ± 40.000 m2 dan  habitat bagi Ikan Arwana, Kerandang, Patik, Bauk, Menyadin, Lais, Bilis dan ikan spesifik lokal lainnya. Kedalamannya saat kemarau 12 m dan musim penghujan mencapai 15 m.

Jarak tempuh dari ibu kota kecamatan kurang lebih 45 Km menggunakan speed boat 40 Pk yang memakan waktu ± 2 jam. Sedangkan dari Desa Ujung Jambu dapat ditempuh dalam waktu           15 menit menggunakan speedboat 40 Pk.

Tahun 2009 telah dilakukan Kegiatan Pelestarian dan Pembinaan Danau Lindung oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu.  Adapun bantuan fisik yang pernah diterima yakni 1 (satu) Unit Pos Jaga, 1 (satu) Unit Pendopo, Shelter dan 2 (dua) ekor Arwana.

Pada Tahun 2009 berhasil dipanen ikan konsumsi seperti Ikan Biawan, Toman dan Jelawat dengan berat total 6 Ton. Pada tahun 1999 s/d 2007  berhasil dipanen anak ikan arwana sebanyak 337 ekor. Hasil penjualan ikan-ikan tersebut  digunakan untuk membangun fasilitas umum dan kepentingan desa lainnya.

Kepengurusan Danau Lindung Basau Darat Nelayan sebagai berikut : 

Ketua Danau Lindung:Supawi. S
Sekretaris:Ahmad Efendi
Bendahara:Harun
Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021