Profil :

Danau Lindung Pengulan/Danau Pejirin

Nomor SK :

Luas Danau :

Peta Lokasi :

Deskripsi :

Danau Lindung Pengulan disebut juga danau Pejirin, merupakan salah satu danau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS). Secara administratif masuk dalam wilayah Desa Dalam Kecamatan Selimbau dan telah ditetapkan sebagai Kawasan Lindung dengan SK Bupati  Kapuas Hulu Nomor 69 Tahun 2004.

Berbatasan dengan Perkampungan Nelayan Bekuan disebelah Barat, Dusun Lupak Mawang disebelah Timur, Desa Nibung disebelah Selatan dan Perkampungan Bekuan disebelah Utara. Memiliki kedalaman pada saat kemarau2 m  dan pada musim penghujan 4 m. Penduduk yang  bermukim di sekitar danau  berjumlah 38 KK, merupakan  nelayan musiman  yang menghuni danau pada musim-musim tertentu (musim ikan).

Ekosistem Perairannya merupakan ekosistem rawa banjiran berair tenang dengan luas ± 25.000 m2. Seluruh kawasannya  merupakan daerah yang dilindungi dan   habitat  bagi Ikan Entukan, Belida, Tapah, Tengadak, Toman, Kura-kura, Labi- Labi, Buaya dan ikan spesifik lokal lainnya. Saat ini kondisi di sekeliling kawasan danau hanya ditumbuhi padang ilalang sebagai akibat terjadinya kebakaran hutan pada tahun 2009.

Waktu tempuh dari Perkampungan Nelayan Pengulan ke Danau Lindung Pengulan dengan speed boat 3,3 Pk dalam waktu 30 menit dan apabila menggunakan speedboat 40 HP dapat dicapai dalam waktu       10 menit. Bantuan yang pernah diterima danau lindung ini yaitu  restocking    4 ekor Ikan Arwana pada tahun 2005.

Kepengurusan Danau Lindung Pengulan  sebagai berikut : 

Ketua:H. Marjuki
Wkl Ketua:H. Syukur
Sekretaris:Rahmad
Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021