Profil :

Danau Lindung Vega

Nomor SK :

Luas Danau :

Peta Lokasi :

Deskripsi :

Danau Lindung Vega merupakan salah satu danau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS). Secara administratif  termasuk wilayah Desa Pega Kecamatan Selimbau dan telah ditetapkan sebagai Kawasan Lindung sesuai dengan SK Bupati Kapuas Hulu  Nomor 70 Tahun 2004. Waktu tempuh dari pusat           Desa Vega  kurang lebih 10 menit dengan menggunakan speed boat     40 HP. Pernah direstocking 5 ekor Ikan Arwana pada tahun 2002 oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

Ekosistem Perairannya merupakan ekosistem rawa banjiran berair tenang yang terhubungkan dengan danau-danau lainnya yang terdapat dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Kawasan perairannya, memiliki luas ± 4 ha dengan kedalaman 4 m pada saat  kemarau dan 6 m pada saat penghujan, merupakan  habitat  bagi Ikan Entukan, Belida, Tapah, Tengadak, Toman dan ikan spesifik lokal lainnya. Berbatasan dengan Rimba Jalan Rintis disebelah Barat, Belitung disebelah Timur, Bukit Vega disebelah Utara dan Sungai Ujung Atas disebelah Selatan.

Keadaan danau sekarang ini tidak terawat dan cukup memprihatinkan, di dalam danau dipenuhi tanaman enceng gondok  sedangkan tanaman di sekeliling danau habis dilalap sijago merah pada kebakaran hutan tahun 2009 yang lalu.

 Kepengurusan Danau Lindung Vega sebagai berikut :

Ketua:Syah Johan
Wkl Ketua:Gusti Nata
Sekretaris:Mat Deni
Bendahara:Abdul Hamid
Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021