Profil :

Danau Lindung Joki Hilir/Danau Baru

Nomor SK :

Luas Danau :

Peta Lokasi :

Deskripsi :

Danau Lindung Jongkong Kiri Hilir di kenal juga sebagai Danau Baru. Secara administratif  masuk dalam wilayah Desa Jongkong Kiri Hilir Kecamatan Jongkong, telah ditetapkan sebagai Kawasan Lindung sesuai  SK Bupati Kapuas Hulu Nomor 79 Tahun 2004.

Ekosistem perairannya merupakan ekosistem rawa banjiran berair tenang dengan luas keseluruhan ± 40.000 m2 dengan zona inti                  ± 20.000 m2. Kedalamannya pada musim kemarau ± 7,5 m dan pada  musim penghujan mencapai  9,5 m,    habitat  bagi Ikan Arwana, Entukan, Belida, Tapah, Tengadak, Toman dan ikan spesifik lokal lainnya.    Selain dekat dengan pemukiman penduduk, di sekitar danau  juga terdapat 6 unit kolam penangkar arwana. Lokasinya berbatasan dengan Sungai Batang Baru disebelah Barat, Dusun Ulak Landau disebelah Timur, Perkebunan Karet disebelah Utara dan Sungai Kapuas disebelah Selatan, dengan jarak tempuh kurang lebih 150 meter dari pusat Desa Jongkong Kiri Hilir.

Pada tahun 2009  pernah dipanen sebanyak 450 Kg Ikan Entukan. Hasil Penjualan ikan tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan/kegiatan sosial.

Kepengurusan Danau Lindung Jongkong Kiri Hilir sebagai berikut : 

Ketua:Iskandar. R
Wkl Ketua:Herman AR
Sekretaris:Budi
Bendahara:Wan Bujang
Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021