Profil :

Danau Lindung Perantu

Nomor SK :

Luas Danau :

Peta Lokasi :

Deskripsi :

Secara administratif  termasuk wilayah Desa Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir,  telah ditetapkan sebagai Kawasan Lindung sesuai dengan SK Bupati Kapuas Hulu Nomor 142 Tahun 2004. Dapat ditempuh dari ibu kota kecamatan   dengan  berjalan kaki dalam waktu kurang lebih ½ jam.

Ekosistem perairannya merupakan ekosistem rawa banjiran berair tenang dengan  luas  ± 11.200 m2  dan   habitat  bagi  Ikan  Entukan, Belida, Tapah, Tengadak, Toman dan ikan spesifik lokal lainnya.

Pada tahun 2005 pernah direstocking benih Ikan Jelawat dan Patin oleh Dinas Pertambangan, Energi dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu,  pada tahun 2006 direstocking 4 ekor ikan arwana,  memiliki bangunan pendopo di tengah danau yang terhubung oleh jembatan yang merupakan jalan masuk /  jalan untuk rekreasi di sekitar danau.

Hasil tangkapan nelayan dalam danau Lindung Perantu pada tahun 2009 adalah : Toman 225 Kg dan Campur 579 Kg. Sampai saat ini belum dibentuk kepengurusannya sehingga pengelolaannya masih belum begitu berhasil sebagaimana beberapa danau lindung lainnya.

Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021