Profil :

Danau Pengumpang

Nomor SK :

Luas Danau :

Peta Lokasi :

Deskripsi :

Danau Lindung Basau Darat dikenal juga sebagai Danau Pengumpang, secara administratif termasuk wilayah Dusun Bungkuk Desa Ujung Jambu Kecamatan Jongkong dan telah ditetapkan Kawasan Danau Lindung dengan SK Bupati Kapuas Hulu  Nomor 60 Tahun 2008. Jarak tempuh dari Dusun Bungkuk adalah 15 menit dengan speed boat 40 Pk.  

Ekosistem perairannya merupakan ekosistem perairan tawar yang memiliki luas ± 24.000 m2 dan  habitat bagi Ikan Arwana dan ikan spesifik lokal lainnya seperti : Kerandang, Patik, Bauk, Menyadin, Lais, Bilis dll. Seluruh kawasan perairannya merupakan kawasan yang dilindungi. Lokasinya berbatasan dengan Hutan di sebelah Barat, Kebun Karet warga di Sebelah Timur, Hutan di sebelah Utara dan Selatan.

Tahun 2009 telah dilakukan Kegiatan Pelestarian dan Pembinaan Danau Lindung oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu, juga telah dibangun shelter dari dana Tugas Perbantuan Ditjen KP3K Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan pernah mendapat bantuan  2 (dua) ekor Arwana.

Kepengurusan danau  sebagai berikut : 

Ketua Danau Lindung:Supawi. S
Sekretaris:Ahmad Efendi
Bendahara:Harun
Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021