Penemuan Buaya di Sungai Sibau Kecamatan Putussibau Utara Sudah diamankan BKSDA

Putussibau digegerkan dengan pemunculan buaya di sungai Sibau, Putussibau Utara pada hari selasa ( 2/8/2022).

Menurut keterangan nelayan Jon yang sedang mecari ikan dikejutkan dengan penemuan buaya senyulong sudah terjebak di jaring gillnet miliknya.  Gilnet yang biasanya digunakan untuk mencari ikan dan sudah dipasangnya sejak kemaren sore di sungai sibau.

“saat datang di tempat pemasangan jaring/ pukat saya mendapati pukatnya bukanya dapat ikan, tapi malah dapat seekor buaya.” Ujar Jon

Atas kejadian tersebut Jon segera mengabarkan ke nelayan lainnya yang berada di tepian sungai tersebut. Setelah menangkap dan mengamankan buaya tersebut mereka segera menghubungi petugas piket pada pos Satpolair Polres Kapuas Hulu yang terletak tidak jauh dari lokasi kejadian tertangkapnya buaya yersebut. selanjutnya  buaya tersebut dibawa dan diamankan ke pos Polairud Polres Kapuas Hulu.

Setelah diamankan di pos Polairud, petugas menghubungi petugas yang terkait seperti PSDKP Wilker Kapuas Hulu, BKSDA, TNBKDS dan Dinas Perikanan Kapuas Hulu.

Yulianus Surondini,SE,.M.M selaku sub koordinator perlindungan nelayan kecil Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu saat datang ke lokasi tersebut menyampaikan bahwa buaya tersebut di serahkan ke petugas BKSDA untuk proses lebih lanjutnya.

Untuk itu Yuianus menambahkan himbauan  untuk masyarakat apabila melihat atau mendapatkan buaya senyulong terjebak/tertangkap oleh jaring gilnet/ pukat nelayan sebaiknya jangan dibunuh atau dibiarkan mati karena buaya jenis ini merupakan hewan yang dilindungi, tetapi segera melaporkan ke Pos Satpolair atau Pos Wilker Kapuas Hulu atau Dinas Perikanan atau TNBKDS atau BKSDA terdekat.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

0 replies on “Penemuan Buaya di Sungai Sibau Kecamatan Putussibau Utara Sudah diamankan BKSDA”

On Key

Related Posts

Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021