14 OPD Dinas Perikanan Kabupaten/Kota Kalimantan Barat Gelar Rapat Koordinasi di DKP Provinsi Kalbar

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar Ir. Herti Herawati,MMA pimpin rapat  koordinasi program perikanan dan kelautan yang dihadiri oleh 14 Kepala Dinas Perikanan Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi  Kamis (8/9/2022)

Kadis Herty , MM menyampaikan bahwa produksi program perikanan dan kelautan provinsi didukung oleh produksi kabupaten dan kota di wilayah Kalimantan Barat. Baik produksi produksi tangkap dan budidaya di laut maupun perairan umum.

Pada kesempatan tersebut Herty menyampaikan produksi yang merupakan indikator utama (IKU) DKP Provinsi Kalbar mampu menjawab isu Strategis sesuai Visi dan Misi Gubernur Kalimtantan Barat. Adapun Isu stategis Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaliamantan Barat yang tertuang kedalam Rencana Strategis (Renstra) DKP yakni belum optimalnya Pengelolaan Sumberdaya Ikan melalui peningkatan produksi perikanan (tangkap dan budidaya), perbaikan sistem distribusi, ketersediaan sarana dan prasaran. Selain itu isu Daya saing dan keberlanjutan usaha kelautan dan perikanan masih rendah.

Masing-masing kepala Dinas atau yang mewakili diberikan kesempatan untuk meyampaikan capaian program tahun 2022. Kabupaten/Kota juga memaparkan isu strategis OPD dengan isu strategis Kepala Daerah, Provinsi hingga Pusat. Setiap Kabupaten/Kota diberikan kesempatan 15 menit untuk menyampaikan paparan.   

Giliran Dinas Perikanan disampaikan oleh Plt Dinas Perikanan Triwati,SP.,M.Si didampingi sub koordinator program diberikan kesempatan untuk menyampaikan perkembangan program perikanan di Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam penyampaiannya Triwati menyampaikan produksi Kapuas Hulu memberikan kontribusi besar bagi produksi ikan di Kalimantan Barat khususnya produksi ikan budidaya. Kapuas Hulu merupakan penyumbang ikan budidaya terbanyak di Kalimantan Barat dengan produksi tahun 2021 sebesar 35.714,71 Ton. Sedangkan produksi perikanan tangkap 25.608 Ton memiliki produksi terbanyak pada PUD di Kalimantan Barat.

Selanjutnya kegiatan ditutup dengan tanggapan oleh Kadis DKP Herty menjawab kendala dan masalah yang dihadapi oleh Dinas Perikanan di tingkat Kabupaten/Kota. Herty menjawab kegiatan ini akan terus dilakukan dengan melakukan pertemuan per semester. Kegiatan akan dilakukan secara bergantian di Kabupaten/Kota sehingga saling mengunjungi satu dengan lain.  

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

0 replies on “14 OPD Dinas Perikanan Kabupaten/Kota Kalimantan Barat Gelar Rapat Koordinasi di DKP Provinsi Kalbar”

On Key

Related Posts

Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021