KELOMPOK PENGERAK PKK DESA PINANG LAKA PANEN RAYA

Pembukaan tahun 2020, Dusun Repun Desa Pinang Laka, Kec. Pengkadan melakukan panen raya. Tepat pada  tanggal 31 Desember 2019 dan 10 Januari 2020 kelompok Pengerak PKK Arwana Desa Pinang Laka Kecamatan Pengkadan  melakukan panen ikan bawal dan Nila sebanyak 500 kg dan  Patin sebanyak 860 kg.

Berawal dari bantuan benih ikan tahun 2018 oleh Dinas Perikanan melalui Bidang Budidaya Perikanan. Kelompok Pengerak PKK Desa Pinang Laka mendapat bantuan bibit ikan Nila,Bawal dan Patin yang ditebar di dua kolam. Sejak itu Pokdakan yang diketuai oleh ibu Ruslaini yang beranggotankan 60 orang tersebut membudidayakan ikan hingga besar dan siap dipanen.

Ibu- ibu anggota kelompok secara gotong-royong panen ikan bawal, nila dan paten

Meskipun terdiri dari ibu-ibu semua anggota ikut turun melakukan panen secara manual dengan mengunakan jaring. Carannya air kolam dikeringkan terlebih dahulu melalui pipa mmbuangan. Setelah setengah kering baru ikan tersebut dipanen bersama-sama. Semua orang turun tumpah ruah untuk melakukan panen ikan Nila, Bawal dan Patin tersebut.  

Ruslaini menambahkan dalam mengelola kolam sehari – hari pemeliharaan ikan dilakukan dengan swadaya kelompok. Dimana setiap anggota diberikan jadwal secara rutin untuk memberikan pakan dan mengamati ikan dan kondisi air. Semua dilakukan dengan baik dan bertantuggungjawab oleh anggota tim.

Hasil panen ikan tersebut ada yang dijual dan sebagian dibagikan ke anggota. Ikan yang dijual rencananya menurut ketua kelompok akan digunakan untuk mengadakan bibit ikan kembali. Sisanya dibagikan ke anggota kelompok untuk konsumsi.