HUJAN BERTURUT-TURUT MENYEBABKAN TANGGUL MINAPADI SUNGAI BESAR ROBOH

Kondisi pematang atau tanggul minapadi di Desa Sungai Besar roboh

Musim penghujan yang terjadi pada pertengahan Juni 2020 menyebabkan tanggul pematang sawah budidaya ikan minapadi di Desa Sungai Besar, Kecamatan Bunut Hulu jebol/roboh. Tingginya intensitas curah hujan yang tidak menentu menyebabkan air pada saluran irigasi yang ada disekitar lahan meluap masuk ke lahan sawah kelompok. Kuatnya arus air dapat merobohkan tanggul dan rusaknya pagar waring sehingga menyebabkan ikan nila yang dibudidayakan hanyut terbawa arus.  Hal ini mengakibatkan kerugian bagi kelompok tani di Desa Sungai Besar Kecamatan Bunut Hulu.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Rusli sebagai Ketua kelompok minapadi Harapan Jaya menyatakan bahwa tiba-tiba air meluap pada malam hari tanggal 26 Februari 2020 sekitar pukul 22.00 wib, sebagian ikan masih ada yang dapat diselamatkan, sedangkan padi kondisi sudah panen.  Dialami oleh Kelompok Harapan Jaya, Harapan Baru, dan Japari.  Demikian pula banjir yang terjadi pada tanggal 21 Juni 2020 mengakibatkan robohnya kembali tanggul pada kelompok Harapan Jaya sekitar kurang lebih 2 meter demikian juga pada kelompok Bina usaha, dengan kondisi padi sudah tanam. 

Sangat disayangkan seperti disampaikan oleh Kepala Bidang Perikanan Budidaya Sulaiman,S.PKP.,MM saat melakukan monitoring ke lapangan bahwa  Budidaya Minapadi menyumbang produksi perikanan budidaya di Kapuas Hulu. Sebagai contoh sistem Minapadi Desa Sungai Besar Kecamatan Buut Hulu pada tahun 2019 hingga februari 2020 total panen ikan nila sebesar ± 5 Ton.

Sulaiman juga menambahkan, kegiatan usaha minapadi di Sungai Besar di mulai sejak tahun 2015 melalui paket kegiatan percontohan minapadi dari Dinas Perikanan Kab. Kapuas Hulu seluas 0,5 Ha dari APBD Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2017 berupa benih dan pakan, dan 20 Ha dari APBN melalui Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Mandiangin KKP-RI. Kegiatan minapadi ini terus berlanjut hingga saat ini, secara ekonomi mampu meningkat nilai tambah bagi anggota kelompok tani. 

Pada lokasi Minapadi yang terdampak banjir sudah dilakukan perbaikan secara gotong-royong secara mandiri oleh masing-masing anggota kelompok dengan penuh semangat dan kekeluargaan. Sulaiman juga mengucapkan teirmakasih kepada kelompok dan tenaga teknis bidang budidaya atas kerjasama dan antusias dalam pemberbaiki kerusakan yang ada. Sehingga berharap kedepan  adanya dukungan dari stekholder terkait dalam meningkatkan kembali fungsi lahan minapadi menjadi lebih optimal dengan perbaikan dan peningkatan saluran irigasi, bantuan benih dan pakan.  Mengingat kegiatan minapadi melibatkan beberapa stekholedr sehingga kedepannya diharapkan perlunya koordinasi dan kerjasama lebih intensif antar SKPD dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa yang lebih baik (mia dan abe).

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

0 replies on “HUJAN BERTURUT-TURUT MENYEBABKAN TANGGUL MINAPADI SUNGAI BESAR ROBOH”

On Key

Related Posts

Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021