Dinas Perikanan Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2021 Secara Virtual Seluruh Indonesia

Dalam rangka menghadiri rapat nasional pengedalian inflasi tahun 2021 yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo (25/8/2021) di Istana Negara Jakarta secara virtual. Secara nasional acara Rakornas Kabupaten Kapuas Hulu dipimpin oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat,ST, didampingi Sekretaris Daerah dan OPD terkait termaksud Dinas Perikanan yang diwakili oleh Kepala Seksi Kelembagaan Hermiwati,S.Pi di ruang rapat Buapti secara virtual.

Acara rakornas pengedalian laju inflasi tahun 2021 mengangkat tema “Mendorong peningkatan peran UMKM pangan melalui optimalisasi, digitalisasi untuk mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga pangan”.

Dibuka secara langsung oleh Bapak Joko Widodo bersama narasumber Menteri Koordinator  Perekonomian sekaligus ketua TPIP Bapak Airlangga Hartanto dan Gubernur Bank Indonesia Bapak Fery Warjito.

Mengawali pidatonya Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa syukur karena ditengah ketidak pastian saat ini perekonomian Indonesia semakin baik dengan tingkat inflasi terkendali.  Joko Widodo juga menekan 3 (tiga) hal penting kepada Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim pengendalian inflasi daerah (TPID) untuk mendukung pemulihan ekonomi dengan menjaga stabilitas harga yaitu menjaga katersedian pasokan dan stabilitas harga, utama barang kebutuhan pokok dengan mengatasi kendala produksi dan ditribusi yang ada di Daerah.

Melanjutkan uoaaya tidak hanya fokus pada stabilitas harga tetapi juga proaktif mendorong sektor ekonomi yang tumbuh makin produkstif. Dalam hal ini mendorong peningkatan prodoktifitas petani,nelayan serta memperkuat sektor UMKM untuk bertahan dan naik kelas. Meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian sehingga memiliki kontribusi yang semakin besar dalam mengerakan mesin pertumbuhan ekonomi.

Untuk mendukung hal tersebut kelembagaan pertanian perlu terus diperkuat, akses pemasaran di perluas dengan pemanfaatan teknologi termaksud flatform digital, penyaluran KUR pertanian di optimalkan dengan mempercepat dan mempermudah penyaluran terkmasud menyesuaikan dengan karakteristik usaha pertanian, serta di dukung pula dengan pendampingan yang intensif kepaa pelaku usaha pertanian.

Presiden juga menegaskan bhawa pandemi Covid-19 menjadi kesempatan untuk mendorong UMKM dan olahan surplus pangan masuk ke platform digital untuk memperluas pemasaran produksi baik Daerah, Nasional maupun global.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

0 replies on “Dinas Perikanan Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2021 Secara Virtual Seluruh Indonesia”

On Key

Related Posts

Follow Us

Copyright – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu – 2021